Biaya Pendaftaran Seleksi PTN 2013 Naik

Biaya Pendaftaran SNMPTN. Biaya pendaftaran ujian seleksi berbarengan masuk perguruan tinggi negeri ( sbmptn ) th. 2013 ini dipastikan naik lebih kurang rp 25.000 dari th. pada mulanya.

Biaya Pendaftaran Seleksi PTN 2013 Naik

info ini diungkapkan sekretaris eksekutif i panitia lokal ( panlok ) sbmptn bandung, asep gana suganda. untuk grup ujian saintek ( ipa ) serta sosial humaniora ( ips ) naik jadi rp 175. 000 dari th. pada mulanya rp 150. 000. sesaat itu, untuk grup ujian campuran naik jadi rp 200. 000 dari biaya th. pada mulanya rp 175. 000.

untuk th. ini tak ada subsidi dari pemerintah, maka dari itu ada kenaikan, kata asep waktu didapati seusai sosialisasi sbmptn di gedung rektorat kampus padjadjaran jalur dipati ukur, kota bandung, kamis ( 4/4/2013 ).

walau ada kenaikan biaya pendaftaran, lanjut asep, ada keuntungan untuk calon peserta ujian dari pergantian sistem penentuan program studi ( prodi ). bila th. lantas ujian seleksi peserta cuma bisa menentukan dua prodi didalam satu grup ujian, th. ini calon peserta bisa menentukan tiga program studi didalam satu grup ujian.

bila th. tempo hari cuma bisa dua, saat ini peserta bisa menentukan tiga program studi baik dari grup saintek, soshum, ataupun dari campuran, tuturnya.

sesaat itu, untuk proses ujian dapat dikerjakan serempak pada tanggal 18-19 juni 2013.

panitia lokal ( panlok ) sbmptn bandung sudah sediakan 2. 000 area kelas, tersebar di empat perguruan tinggi. beberapa ribu area kelas tersebut untuk menyimpan 40. 000 peserta ujian dari seluruh indonesia. untuk tenaga pengawas kita menggunakan satu orang pengawas untuk mengawasi 10 peserta. didalam satu area ujian ada 20 orang. lantas kita gunakan dua orang pengawas didalam satu kelas, jelasnya.

pada mulanya diberitakan, empat perguruan tinggi negeri di bandung, yakni kampus padjadjaran ( unpad ), intstitut teknologi bandung ( itb ), kampus pendidikan indonesia ( upi ), serta kampus islam negeri ( uin ) sunan gunung djati, siap menyeleksi 40. 000 peserta ujian seleksi berbarengan masuk perguruan tinggi negeri ( sbmptn ) th. 2013. perihal tersebut diungkapkan oleh sekretaris eksekutif i panitia lokal ( panlok ) sbmptn bandung, asep gana suganda, siang tadi.

 
©Sonniz Blog 2013 All Rights Reserved, Empowered By Blogger